Selasa, 30 September 2014

Q&A: Mind Map

Q:        APA ITU MIND MAP?
A:        Mind Map (bahasa Indonesia: Peta Pikiran) adalah suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas  atau informasi lainnya dalam bentuk diagram-diagram yang sambung menyambung menjadi satu *kok jadi nyanyi, ya* (?). Intinya, Mind Map menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar atau simbole, dan warna-warni yang menarik sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.

Q:        SIAPA PENCETUS GAGASAN MIND MAP?
A:        Pencetus Mind Map adalah Tony Buzan, seorang psikolog Inggris, yang meyakini bahwa penggunaan Mind Map tidak hanya mampu melejitkan proses memori tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan menganalisis, dengan mengoptimalkan fungsi belahan otak.

Q:        BAGAIMANA CARA MEMBUAT MIND MAP?
A:        Cara membuat Mind Map terdiri atas 8 step, yaitu:
1.      Mulai dari tengah untuk menentukan Topik Sentral (menentukan “pohon”), dibuat dalam kertas kosong bentuk landscape, disertai gambar berwarna.
2.      Tentukan Topik Utama (menentukan “cabang”) sebagai bagian penting dari Topik Sentral.
3.      Tentukan Sub Topik sebagai  “ranting” yang diambil dari Topik Utama
4.      Secara kreatif gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi seluruh peta pikiran Anda.
5.      Sedapat mungkin gunakan kata kunci tunggal  (maksimal 2 kata),  dengan huruf kapital atau huruf kecil.
6.      Gunakan garis lengkung untuk menghubungkan antara Topik Sentral dengan Topik Utama dan Sub Topik. Untuk stimulasi visual, gunakan warna dan ketebalan yang berbeda untuk masing-masing alur hubungan.
7.      Kembangkan Mind Map sesuai gaya Anda sendiri.
8.      Untuk memahami suatu teks, Anda terlebih dahulu harus membaca teks tersebut untuk memperoleh gambaran mental (mental image) yang menyeluruh dan bermakna.



Q:        APA MANFAAT MIND MAP UNTUK KITA SEBAGAI PELAJAR?
A:        Mind Map memiliki banyak manfaat untuk kita sebagai pelajar, antara lain:
  • ·         Siswa dapat mempetakan apa yang didiskusikan bersama teman-temannya,
  • ·         Siswa dapat mempetakan tentang proses dan hasil observasi yang dilakukannya.
  • ·         Siswa dapat mempetakan tentang apa yang dibacanya
  • ·         Siswa dapat mempetakan tentang apa yang didengarnya.
  • ·         Siswa dapat mempetakan tentang apa yang harus dipresentasikannya di kelas, dan
  • ·         Siswa dapat mempetakan aneka aktivitas belajar lainnya, baik yang berkenaan dengan       perencanaan, pelaksaanaan maupun hasil belajarnya.


Q:        BAGAIMANA CONTOH MIND MAP? (DALAM BENTUK GAMBAR)
A:        Ini ada beberapa contoh dari hasil teamwork kelas XI MIA 4 dan XI MIA 3 SMA Negeri 9 Binsus Manado.
·                 KELOMPOK 6 KELAS XI MIA 4




·                 KELOMPOK 5 KELAS XI MIA 4




·                 KELOMPOK 5 KELAS XI MIA 3




*artikel: wordpress.com
*foto: SMA N 9 Binsus Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar